RSS
Facebook
Twitter

9 Jul 2013

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Pengembangan silabus dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah/madrasah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendikan.






1. Disusun secara mandiri oleh guru apabila guru yang bersangkutan mampu mengenali karakteristik peserta didik, kondisi sekolah/madrasah dan lingkungannya.
2. Apabila guru mata pelajaran karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah/madrasah dapat mengusahakan untuk membentuk kelompok guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah/madrasah tersebut.
3. Di SD/MI semua guru kelas, dari kelas I sampai dengan kelas VI, menyusun silabus secara bersama. Di SMP/MTs untuk mata pelajaran IPA dan IPS terpadu disusun secara bersama oleh guru yang terkait.
4.Sekolah/Madrasah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah-sekolah/madrasah-madrasah lain melalui forum MGMP/PKG untuk bersama-sama mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah/madrasah-madrasah dalam lingkup MGMP/PKG setempat.
Di bawah ini adalah contoh silabus dan rpp ktsp matematika SMA kelas X, XI, XII Semester Ganjil dan Genap, dimana duniabaca.com sudah men-setting dalam format microsoft word sehingga Anda lebih mudah untuk mengeditnya. Mudah-mudahan dengan adanya Download Silabus dan RPP Matematika SMA ini dapat membantu Anda dalam proses pembelajaran di kelas.
Dan semoga dilain kesempatan, saya bisa berbagi silabus dan rpp ktsp SD maupun silabus dan rpp SMP dan tentunya lebih lengkap alias download  silabus dan rpp semua mata pelajaran, mulai dari SD hingga SMA.
Download Silabus dan RPP >> Matematika SMA

0 komentar:

Posting Komentar